√ Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Pemikiran Rasulullah Saw

Halo pembaca setia Rafsablog, pada artikel kali ini saya akan membahas perihal ucapan doa untuk orang sakit. Doa merupakan cara terbaik untuk orang yang ingin meminta pertolongan kepada Allah, meminta kesehatan kepada Allah, ingin meminta sesuatu dari Allah ibarat petunjuk, rezeki, dan doa juga untuk mengingat Allah bahwa semua yang ada di alam semesta ini yaitu cipataan-Nya.

Di dalam agama islam banyak sekali doa untuk sehari-hari semoga selalu mengingat Allah dan selalu dalam lindungannya, ibarat doa sebelum dan sehabis makan, doa masuk dan keluar kamar mandi, doa setelah mendapat mimpi buruk, doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh, dan masih banyak lagi.

 pada artikel kali ini saya akan membahas perihal ucapan doa untuk orang sakit √ Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Semuanya sudah diatur oleh Allah termasuk sakit, kita tidak tahu kapan kita akan diberi sakit, maka dari itu kita harus selalu berdoa kepada Allah semoga diberi nikmat kesehatan dan selalu dalam lindunganNya. Namun, ketika kita mendapat cobaan sakit kita tetap harus bersabar dan memehon kepada Allah semoga kita cepat sembuh.

Ketika kerabat akrab ataupun orang yang kita kenal sedang mengalami sakit, kita memang seharusnya mendoakannya supaya cepat sembut dan sanggup kembali melaksanakan aktivitasnya ibarat sedia kala. Doa orang sakit untuk wanita dan pria berbeda, jadi kita harus menghafalkan semuanya guna untuk mendoakan orang yang kita kenal ketika sakit.

Baca juga: Kumpulan Kata kata Ucapan Untuk Orang Sakit

Semua doa sudah diajarkan nabi besar kita Muhammad SAW kepada agama islam supaya sanggup mengikuti sesuai sunnahnya. Menjalankan sunnah rasul selain untuk kebaikan kita di dunia, kita juga akan mendapat kebaikan dengan bertambahnya pahala kita dikala mengikuti sunnahNya.

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Dalam sejumlah riwayat terdapat doa untuk kesembuhan orang sakit. Dalam kita Al-Adzkar, Imam An-Nwawi mengutip sejumlah riwayat perihal Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabatnya yang sedang sakit. Berikut salah satu doa yang dibacakan oleh Rasulullah SAW untuk kesembuhan keluarganya ketika sedang sakit yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya, “Ya Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan alasannya Engkau yaitu penyembuh. Tiada yang sanggup menyembuhkan penyakit kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  penyakit lain.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Tiada siapapun yang sanggup menyembuhkan penyakit kecuali Allah, hanya Allah lah yang sanggup menyembuhkan penyakit yang diderita oleh orang. Obat-obatan sebagai mediator untuk orang yang sedang sakit semoga cepat sembuh, maka dari itu kita memohon kepada Allah semoga menghilangkan penyakit yang sedang di derita oleh orang yang sedang kita doakan.

Adapun riwayat lain yang menyampaikan bahwa Rasulullah SAW membaca doa ibarat di bawah ketika sedang meruqyah seorang sahabatnya.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya, “Ya Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang sanggup mengangkatnya kecuali Engkau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Agar lebih pasti, kita juga sanggup mendoakan untuk kesembuhan orang yang kita doakan dengan menyebut namanya secara langsung. Hal ini pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk Sa'ad bin Waqqash dalam riwayat Imam Muslim sebagai berikut.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya, “Tuhanku, sembuhkanlah Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkanlah Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkanlah Sa‘ad,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Yang harus kita ingat ialah ketika mendoakan orang sakit, nama Sa'ad di atas perlu kita ganti menjadi nama orang yang ingin kita doakan untuk meminta kesembuhan kepada Allah.

Untuk aneka macam jenis penyakit apapun terdapat alternatif doa yang sanggup Anda baca ketika menjenguk orang sakit. Doa ini dibaca Rasulullah SAW dikala menjenguk seorang badui yang sedang sakit demam, dalam riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA menyampaikan sebagai berikut.

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya, “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Selain doa untuk kesembuhan, kita juga sanggup membacakan doa untuk memohon pengampunan dosa, dukungan agama, serta raga orang yang sedang sakit. Doa di bawah ini pernah dibacakan oleh Rasulullah SAW dikala tengah mengejuk sahabatnya yaitu Salman Al-Farisi RA dalam riwayat Ibnu Sunni.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Catatan: syafakillah ditujukan untuk seorang perempuan, dan syafakallah ditujukan untuk seorang laki-laki.

Terdapat banyak doa yang sanggup kita bacakan ketika menjenguk orang yang sedang sakit, kita sanggup menentukan salah satu doa untuk meminta kesembuhan kerabat atau orang yang kita kenal ketika sakit.

Itulah tadi bacaan atau ucapan doa untuk orang sakit yang sanggup Anda hafalkan, jikalau Anda memiliki saran, masukkan, atau masukkan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Mungkin itu dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "√ Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Pemikiran Rasulullah Saw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel