√ Bacaan Doa Sebelum Dan Setelah Makan

Halo pembaca setia Rafsablog, kali ini saya akan menyebarkan info perihal Doa sebelum dan setelah makan, doa ini sering diajarkan oleh orang renta dikala usia anaknya masih kecil, orang renta melatih anaknya berdoa sebelum makan dan berdoa setelah makan semenjak dini supaya dikemudian hari si anak hafal dan menerapkannya dikala sebelum dan setelah makan.

Pentingnya orang renta mengajarkan bacaan doa sebelum dan setelah makan kepada anaknya yang bertujuan untuk menanamkan kebiasaan berdoa semenjak dini. Maka tidak heran kalau banyak anak yang masih kecil atau berusia dini sudah bisa menghafal banyak sekali macam doa harian.

Umar bin Abu Salamah pernah berkata, Waktu saya masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan dikala makan. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Ghulam, bacalah Bismilllah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka ibarat itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Al-Bukhari No. 4957)

 kali ini saya akan menyebarkan info perihal Doa sebelum dan setelah makan √ Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Anda sebagai orang renta harus mengajarkan doa sebelum makan dan doa setelah makan kepada anak supaya kelak anak akan selalu berdoa ketika ia mau makan dan setelah makan. Berikut ialah lafadz bacaan do'a sebelum dan setelah makan ataupun minum beserta kata latin dan terjemahannya.


Doa Sebelum Makan


اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya 1:
“Segala puji bagi Allah yang telah menyebabkan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menyebabkan air ini (minuman) asin lagi pahit lantaran dosa-dosa kami.”

Artinya 2:
“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Artinya 3:
"Ya Allah, semoga Engkau berkenan menunjukkan berkah (kemanfaatan) kepada kami atas apa yang telah Engkau anugerahkan (rizki) kepada kami, dan semoga Engkau berkenan menjaga kami dari siksa api neraka yang menyakitkan."

Memang dalam banyak sekali versi terdapat beberapa arti yang berbeda, akan tetapi maknanya tetap sama. Bacaan doa di atas tadi dibaca dikala hendak makan, yang ditujukan atas rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menunjukkan rezeki ibarat makan, dan mencegah setan yang ingin mengganggu.

Doa Sesudah Makan


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin”

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minuman kepada kami, serta menyebabkan kami sebagai orang-orang muslim”

Doa di atas merupakan bacaan doa yang dibaca dikala telah selesai atau setelah makan, rasa syukur yang ditujukan kepada Allah SWT alasannya ialah sudah memberi kita makan dan minuman serta menyebabkan kita sebagai orang muslim yang beriman.

Doa Sebelum dan Sesudah Minum


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

“Alhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzban furootam birohmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa”

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang dengan rahmtNya telah menyebabkan air ini segar dan menyegarkan. Dan tidak menyebabkan air ini asin dan pahit lantaran dosa-dosa kami.”

Doa di atas dibacaa dikala sebelum dan setelah minum, merupakan doa yang memiliki makna bersyukur kepada Allah SWT, lantaran dengan rahmatNya menyebabkan air segar menjadi menyegarkan dan tidak menyebabkan rasa air menjadi asin dan pahit yang disebabkan dosa-dosan kita.

Doa Ketika Lupa Membaca Doa Sebelum Makan


بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

“Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”

Bacaan di atas sudah dijelaskan berdasarkan sabda Nabi besar Muhammad SAW, berikut sabda Rasulullah :

"Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan Bismillah.”

Apabila ia lupa dengan menyebut Bismillah, maka hendaknya ia dengan mengucapkan “Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”

Dengan kita membaca bacaan doa sebelum dan setelah makan, maka kita memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, dan Allah akan menambahkan nikmatnya untuk orang-orang yang bersyukur.

Itulah tadi artikel perihal doa sebelum dan setelah makan, kalau Anda memiliki saran, atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Mungkin itu dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "√ Bacaan Doa Sebelum Dan Setelah Makan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel