√ Cara Menginstall Linux Dengan Gampang Dan Lengkap

 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap
| Halo pembaca setia , kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux. Berbeda dengan sistem operasi windows yang komersil atau berbayar. Sistem operasi linux yaitu sistem operasi open source, yaitu sistem operasi free atau gratis dan boleh dikembangkan oleh siapapun.

Tag
Cara install linux
Cara menginstall linux
Cara menginstall linux backbox
Cara Menginstall Linux dengan Mudah
Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

Karena open source, sistem operasi linux ini perkembangannya sangat pesat berdasarkan saya, dilihat dari banyaknya distro linux gres yang keluar.

Sobat sanggup melihat kumpulan distro linux di distrowatch. Dari yang sesepuh hingga distro terbaru ada disitu. Saya sendiri juga sering mampir disitu, walaupun cuma sekedar lihat-lihat 😁

Banyak orang yang menggunakan linux untuk banyak sekali kebutuhan menyerupai perkantoran, administrasi server, pentest, dan lain-lain.

Disini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux, ceritanya masih kelanjutan dari kisah yang kemarin hihi. Abis nginstall windows dan mau bikin dualboot dengan linux. Sekalian dibikin tutorial dan di post di blog 😁

Oke eksklusif saja gaesss..
Ohh iya, disini saya akan menginstall linux backbox, kalau teman tidak ingin backbox, teman sanggup mencari selain backbox yang berbasis ubuntu, cara menginstallnya sama aja kok. Tapi disini saya menggunakan backbox hehe.

Oke persiapan materi terlebih dahulu.
1. Keping kaset atau Flashdisk untuk penyimpanan linux
2. DVD ROM jikalau menggunakan keping kaset
3. ISO linux, teman sanggup mencarinya di distrowatch (recommended alasannya yaitu lengkap) atau sanggup mendatangi eksklusif di situs resminya.

Langkah selanjutnya..
Jika materi sudah terkumpul, sebelumnya burning dulu isonya ke kaset (jika menggunakan kaset) sanggup menggunakan ultra iso, power iso (bisa cari di google), atau software burning lainnya. Jika dengan flashdisk, teman sanggup menggunakan rufus (bisa cari di google) sebagai mediator copying isonya. Disini saya asumsikan teman sudah memiliki kaset atau flashdisk yang di dalamnya sudah terpasang linux.

Cara Menginstall Sistem Operasi Linux

1. Jika teman sudah selesai dengan langkah di atas, sebelum memulai menginstall linux, teman masuk dulu ke bios dan atur dulu first bootnya jadi DVD Rom untuk kaset, atau Removable disk/usb untuk flashdisk. Cara masuk ke bios dengan mentekan tombol f2 atau delete, ketika komputer sedang booting atau ketika sedang gres dihidupkan eksklusif tekan f2 atau delete. Jangan di 'save dan exit' dulu, lanjut ke langkah ke-dua, masih dalam posisi di BIOS.

2. Masukan kaset atau colokkan flashdisk ke port usb, kemudian di bios tekan tombol f10 untuk 'save and exit' kemudian pilih yes, untuk menyutujui. Dan sesudah itu nanti komputer akan otomatis me-restart.

3. Tunggu hingga hingga masuk desktop, kemudian kemudian pada desktop klik Install Backbox Linux, kemudian teman disuruh untuk menentukan bahasa (saya menggunakan bahasa indonesia). Tampilannya kira-kira menyerupai dibawah. Jika teman sudah pilih bahasa yang cocok, kemudian klik Lanjutkan.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

4. Lalu teman akan di arahkan pada jaringan nirkabel atau wifi, pilih saja "Saya tidak mau menyambung ke jaringan wi-fi ketika ini" kemudian klik Lanjutkan.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

5. Checklist "pasang perangkat lunak pihak ketiga" jikalau teman membutuhkannya, kalau tidak, tidak di checklist tidak apa-apa. Kalau saya tidak men-checklist, kemudian klik Lanjutkan.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

6. Jenis lnstallasi pilih yang option "sesuatu yang lain", alasannya yaitu kita akan mempartisinya secara manual. Lalu klik Lanjutkan.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

7. Nahh disini sudah berada di custom partisi, kita akan menciptakan partisi Root dan Swap, Root dan Swap yaitu partisi yang wajib. Tetapi jikalau teman ingin menambahkan Home juga tidak masalah. Disitu terdapat file sistem jenis ntfs itu punya windows saya, dan terdapat ruang kosong untuk linux nantinya ya alasannya yaitu saya ingin menciptakan dualboot ini.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

8. Arahkan pada 'ruang kosong' kemudian klik tombol plus '+' disamping kiri, kemudian atur ukuran swap. Untuk ukuran swap yaitu 2 kali ukuran RAM, alasannya yaitu ukuran ram pada netbook saya 4GB jadi di swap saya menciptakan 8GB. Jenis partisi gres pilih yang 'Logika', kemudian Lokasi partisi gres pilih yang "Mulai dengan spasi berikut ini", kemudian 'gunakan sebagai' pilih "Ruang swap", kemudian klik OK.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

9. Selanjutnya kita akan menciptakan partisi untuk '/' Root. Seperti langkah di atas, arahkan pada 'ruang kosong' kemudian klik tombol plus '+' disamping kiri, kemudian atur ukuran root, disitu saya menggunakan 49GB, 'Jenis partisi baru' pilih yang "Utama", kemudian 'Lokasi partisi baru' pilih yang "Mulai dengan spasi berikut ini", kemudian 'Gunakan sebagai' pilih yang "sistem berkas berjurnal Ext4", dan 'Titik kait' pilih yang '/' alasannya yaitu kita akan menciptakan partisi untuk root. kemudian klik OK.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

10. Kalau sudah selesai kira-kira nanti tampilan menyerupai ini, disitu tertera swap dan root, nah kita sudah berhasil menciptakan dua partisi yang wajib ada untuk linux.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

11. Lalu arahkan pada partisi root '/' yang kita buat tadi, kemudian klik Lanjutkan.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

12. kemudian disuruh menentukan lokasi teman tinggal, Karena kita tinggal di indonesia jadi kita pilih Jakarta, kemudian klik Lanjutkan.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

13. Kita di arahkan ke susunan keyboard atau papan ketik, pilih yang standar aja menyerupai itu, kemudian klik Lanjutkan.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

14. Nah dan kita jadinya disuruh menciptakan akun untuk login nantinya. Isi 'Nama anda' dan 'sandi'. Punya saya kira-kira menyerupai gambar di bawah. Lalu klik Lanjutkan.
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

15. Tunggu prosesnya hingga selesai 😄
 kali ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstall sistem operasi linux √ Cara Menginstall Linux dengan Praktis dan Lengkap

16. Jika sudah selesai, nanti teman diminta untuk merestart komputer sobat, biasanya pas sudah selesai installnya yang menggunakan kaset nanti akan keluar otomatis kasetnya, jikalau menggunakan flashdisk cabut saja flashdisknya nanti pas komputer restart.

Maaf sob, ini tutor bikin live ketika installasi, maaf kalau gambarnya belum saya crop wkwk, kalu gambarnya kurang terang di klik saja untuk zoom, atau di save terus di zoom lewat foto editor sobat😂

Oke mungkin itu saja tutorial Cara Install Linux.
Jika ada yang mau ditanyakan atau mau ngasih saran, monggo komen dibawah.
Oke biar bermanfaat.

0 Response to "√ Cara Menginstall Linux Dengan Gampang Dan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel