√ Cara Mengatasi Komputer Lemot Dengan Mudah

Cara mengatasi komputer lemot dengan mudah khususnya pada sistem operasi windows. Sistem operasi windows ini yaitu sistem operasi yang telah familiar dan aneka macam penggunanya. Karena tampilannya yang simple dan gampang di pahami memudahkan penggunanya untuk memegang atau mengendalikan sistem operasi ini.

Semakin berjalannya waktu, sistem operasi juga akan terasa lamabat, tidak eksklusif lambat begitu saja, tetapi bertahap akan terasa. Hal ini mungkin tidak terasa begitu saja, tetapi seiring berjalannya waktu semakin usang juga akan terasa jikalau sistem operasi yang anda gunakan semakin lambat atau biasa orang menyebutnya lemot.

Ada beberapa faktor yang menjadikan komputer anda lemot, seperti; banyaknya junk file yang belum di bersihkan, registry error, banyaknya aplikasi yang berjalan padahal hanya menggunakan RAM 2GB, dan lain-lain. Maka dari itu akan membahas cara mengatasi komputer lemot disini.
Cara mengatasi komputer lemot dengan gampang √ Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah

Efek terbesar dari komputer lemot ini sanggup menjadikan terjadinya hang dan kalau parah terpaksa mematikan komputer eksklusif lewat tombol power. Sebenarnya mematikan komputer eksklusif tanpa menshutdownnya terlebih dahulu itu tidak baik. Bisa menjadikan terjadinya error dan kerusakan pada sistem operasi.

Oke eksklusif saja.

Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah

1. Bersihkan Junk File atau File Sampah
Yang pertama biasanya terjadinya komputer lemot itu lantaran kebanyakan file sampah yang memberatkan kinerja pada komputer anda. File sampah pada windows ini terletak pada folder Temp. Pada folder Temp tersebut biasanya kalau windows jarang di bersihkan maka akan aneka macam file sampah yang tidak berguna. Bagaimana cara menghapus file sampah tersebut? Cara menghapusnya cukup mudah, anda pergi ke lokasi "C:\Windows\Temp\(file sampah berada disini)". Anda sanggup mengahapus file yang tidak berkhasiat itu di folder Temp tersebut, jikalau ada alert yang keluar untuk membutuhkan hak kanal pilih saja "Continue".

Tapi jikalau anda takut mengakses folder tersebut dan takut jikalau terjadi sesuatu, anda sanggup menggunakan aplikasi utility untuk membersihkan file sampah yang menjadikan terjadinya lemot pada komputer anda. Contoh beberapa software aplikasi utility untuk membersihkan file sampah pada komputer, seperi; Ccleaner, TuneUp Utility, Advanced Systemcare. Tapi untuk yang lebih ringan, anda sanggup menentukan Ccleaner.

2. Memperbaiki Error pada Registry
Error pada registry sanggup menjadikan kegagalan perintah pada sistem operasi windows, sanggup menjadikan lemot dan tentunya sanggup menjadikan error. Karena registry ini sangat penting bagi sistem operasi windows, sebaiknya harus di perhatikan dengan baik. Untuk memperbaiki registry yang error anda sanggup menggunakan aplikasi utility, yap menyerupai membersihkan junk file tadi.

Sebenarnya ada banyak software aplikasi untuk memperbaiki registry ini, menyerupai di atas tadi, anda sanggup menggunakan Ccleaner, TuneUp Utility, Advanced Systemcare atau software utility lainnya. Memperbaiki registry error ini yaitu salah satu cara mengatasi komputer lemot.

3. Hapus Software atau Aplikasi yang Tidak Penting
Jika anda terlalu banyak menginstall software aplikasi tetapi tidak pernah anda gunakan sebaiknya anda hapus. Karena kebanyakan software aplikasi sanggup menjadikan komputer lemot, sebaiknya anda hapus aplikasi yang tidak penting. Cara menghapusnya bagaimana? Caranya mudah, pergi ke "Control Panel\Programs\Programs and Features"

Atau jikalau anda resah sanggup melaksanakan langkah berikut ini: Klik start > Control Panel > pada belahan Program pilih Uninstall a kegiatan > kemudian pilih kegiatan yang akan di unisntall dan klik Uninstall.

4. Kill Aplikasi yang Tidak Penting Lewat Task Manager
Meng-kill proses dari task manager ini juga sanggup anda gunakan jikalau terdapat kegiatan aplikasi yang susah sekali di keluarkan atau terjadinya "not responding". Jika komputer lemot dan tau-tau hang ketika menjalankan program, anda sanggup menggunakan cara ini untuk meng-kill kegiatan yang menciptakan hang tersebut. Caranya dengan menekan tombol "CTRL+ALT+DEL" kemudian pilih Task Manager, atau sanggup menggunakan cara yang ke dua, klik kanan pada Taskbar kemudian pilih Start Task Manager.

Jika Task Manager sudah terbuka, selanjutnya anda pilih tab applications kemudian pilih aplikasi yang sekiranya tidak penting, kemudian klik "End Task".

5. Kill Proses yang Memberatkan Kinerja dan Memakan RAM Banyak Lewat Task Manager
Kalau yang di atas tadi meng-kill aplikasi yang tidak penting dan aplikasi yang not responding, tetapi kalau ini meng-kill proses aplikasi yang meberatkan kinerja dan memakan RAM banyak. Aplikasi yang memakan RAM banyak sanggup menjadikan lemot pada komputer. Untuk mengatasi komputer lemot anda sanggup meng-kill proses yang memakan RAM banyak tersebut.

Caranya menyerupai di atas tadi, tekan tombol "CTRL+ALT+DEL" > pilih Task Manager. atau sanggup juga dengan klik kanan pada Taskbar kemudian pilih Start Task Manager. Ketika Task Manager sudah terbuka, kemudian klik tab Processes. Disitu akan terlihat kegiatan yang berjalan pada background sistem operasi. Cari aplikasi yang menciptakan kinerja berat dan memakan RAM banyak, sanggup di tandai dengan banyaknya angka atau Kilobyte pada belahan Memory (Private Working Set). Pilih aplikasinya kemudian klik End Process. Tapi jangan kill aplikasi dari sistem dan driver ya!

6. Mengurangi Aplikasi yang Berjalan pada Startup
Program aplikasi yang berjalan pada startup juga sanggup menjadikan komputer lemot. Program yang berjalan pada startup yaitu kegiatan yang otomatis berjalan ketika proses booting atau ketika komputer mulai di hidupkan. Untuk mengatasi komputer lemot anda sanggup mendisable kegiatan yang tidak perlu di jalankan di startup.

Cara mendisable kegiatan di startup sebagai berikut: tekan tombol "window+R" kemudian ketik "msconfig". Nanti akan muncul jendela System Configuration. Setelah jendela System Configuration terbuka selanjutnya buka tab Startup, kemudian pilih aplikasi yang sekiranya tidak di butuhkan ketika komputer mulai di hidupkan, kemudian unchecklist atau hilangkan tanda centang pada aplikasi tersebut, atau sanggup dengan cara klik Disable.

7. Scan Komputer dengan Antivirus yang Terupdate
Komputer lemot sanggup di sebabkan oleh virus dan sekutunya, maka dari itu jikalau merasa komputer anda lemot pada kasus yang tidak masuk akal maka segera scan komputer anda dengan antivirus yang terupdate. Jenis virus ada aneka macam maka untuk berjaga-jaga anda siapkan antivirus yang terupdate. Antivirus jaman kini sudah di lengkapi dengan fitur anti malware, jadi ketika scan virus pada komputer sanggup juga sekalian scan malware.

8. Defrag Harddisk pada Komputer
Mendefrag harddisk atau HDD yaitu salah satu cara mengatasi komputer lemot, tapi dengan satu syarat, yaitu masih tersisa 20 persen free space pada HDD. Defrag ini berfungsi untuk menata susunan data yang berceceran pada HDD. Mendefrag HDD jangan terlalu sering di lakukan, pernah saya baca di artikel kalau semakin sering mendefrag HDD maka akan semakin jelek juga kualitas membaca pada HDD.

Itulah cara mengatasi komputer lemot. Sebenarnya ada lagi cara mengatasi komputer lemot dengan cara mendisable services, tetapi saya rasa itu tidak perlu di lakukan. Banyak sekali tutorial di internet perihal cara mengatasi komputer lemot yang hingga mendisable services pada sistem operasi windows, tetapi supaya windows tetap berjalan dengan baik pada semestinya maka dari itu mendisable services tidak saya taruh di artikel ini.

0 Response to "√ Cara Mengatasi Komputer Lemot Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel