√ Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” Di Android

Cara mengatasi sayangnya Google Play Store telah berhenti - force close di hp Android. Google play store ialah salah satu aplikasi penting dan wajib yang berada dalam sistem operasi android. Dengan adanya google play store kita dapat mencari aplikasi apa saja yang tersedia di google play store tanpa takut mengunduh aplikasi yang salah menyerupai mengunduh apk di situs yang tidak tau kondusif atau tidak.

Tapi sayangnya di balik sebuha aplikasi yang sangat membantu tersebut terkadang juga menemukan sebuah error pada google play store, seperti; Google Play Store Has Been Stopped, Unfortunately Google Play Store Has Stopped, atau Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti. Atau dapat juga google play store berhenti secara tiba-tiba dan nggak jarang mengalami force close.

Masalah yang terjadi menyerupai ini tidak memandang merk, hampir semua brand dapat terjadi hal menyerupai itu. menyerupai merk; Smartfreen, Samsung Galaxy, Lenovo, Asus, HTC, Xiomi, LG, Sony, Advan, Xperia, Oppo, serta merek smartphone Android lainnya. Banyak error yang terjadi pada sistem operasi android versi Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop. Error tersebut dapat disebabkan lantaran beberapa faktor, seperti; memori RAM yang penuh, error pada aplikasi, dan lain-lain.

Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti


Metode 1: Hapus Cache Pada Aplikasi Google Play Store
Untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti atau force close, dapat mencoba cara ini. Karena dengan penumpukan file cache menciptakan ruang pada memori RAM menjadi berkurang. Sehingga ruang kosong yang masih tersisa hanya sedikit untuk menjalankan aplikasi dan menjadikan error yang terkadang force close secara tiba-tiba. Solusinya yaitu dengan menghapus file cache tersebut yang berfungsi semoga ruang memori pada RAM cukup untuk menjalankan aplikasi google play store dan aplikasi yang lainnya.

Ada 2 cara menghapus cache pada aplikasi yaitu dengan memakai cara manual dan memakai aplikasi pihak ke tiga yaitu aplikasi cleaner (Ccleaner, Clean Master, dll) yang di khususkan untuk membersihkan junk file dan cache pada aplikasi. Tapi disini akan memakai cara manual dengan memakai sistem operasi android versi Lolipop. Langkah-langkahnya menyerupai berikut.

Pertama buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Cari "Google Play Store" > Kemudian klik Hapus Cache.

Metode 2: Hapus Data dan Hentikan Aplikasi Google Play Store Secara Paksa
Cara ini (untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti) dapat anda lakukan ketika anda sudah mencoba cara yang pertama dan belum berhasil. Dengan cara ini hanya data pada aplikasi akan terhapus tetapi tidak menghapus aplikasi. Data yang terhapus seperti; cache, history pencarian, login user dan kata sandi, dan lain-lain. Ini tidak menghapus aplikasi tetapi hanya menghapus data untuk sementara saja. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Semua > Cari "Google Play Store" > Kemudian klik Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Metode 3: Update Versi Terbaru Google Play Store
Untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti selanjutnya dengan mengupdate versi terbaru dari google play store. Dengan mengupdate google play store ke versi terbaru maka bug atau error yang berada pada aplikasi google play store akan dengan otomatis diperbaiki dan diperbarui. Anda dapat mendownload versi apknya lewat browser kesayangan anda di android.

Baca juga:
Metode 4: Uninstall dan Install Kembali Google Play Store
Jika menghapus cache dan memperbarui versi google play store tidak berhasil juga, maka saya sarankan untuk menguninstall dan install kembali google play store pada hp android anda. Jika anda belum punya apknya, anda dapat download versi apknya aplikasi google play store. Dan sebelum menginstall apk harus uninstall terlebih dahulu google play store yang lama. Cara uninstall menyerupai berikut.

Pertama buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Cari "Google Play Store" > Kemudian klik Hapus Instalasi.

Lalu sehabis aplikasi google play store yang usang sudah di hapus kini kita install google play store untuk apknya. Cara menginstall sebelumnya harus mengaktifkan izin penginstallan aplikasi dari sumber tidak di kenal terlebih dahulu, cara mengaktifkannya sebagai berikut.

Pertama buka Pengaturan > Kemanan dan privasi > Aktifkan "izin penginstallan aplikasi dari sumber tidak di kenal" dengan cara klik on pada Sumber tidak di kenal.

Metode 5: Matikan Android, Cabut Baterai, dan SIM Card
Jika metode ke-4 masih belum berhasil maka selanjutnya coba anda matikan android anda, kemudian cabut baterai dan SIM card pada hp android anda. Anda diamnkan selama beberapa dikala semoga daya pada baterai tidak masuk pada android, kemudian masukkan kembali sim card dan baterai pada hp android dan coba hidupkan kembali.

Metode 6: Menggunakan Mode Factory Reset
Jika semua metode di atas belum juga berhasil, anda dapat mencoba mode yang sangat jarang di gunakan untuk duduk perkara sepele menyerupai itu, yaitu mode factory reset. Mode factory reset ialah dimana semua aplikasi yang terinstall dan data yang berada pada memori internal akan terhapus, dan hp anda akan menjadi menyerupai gres lagi. Untuk memakai mode factory reset tidak saya jelaskan disini, tetapi anda dapat mencarinya di mesin pencari.

0 Response to "√ Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” Di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel