√ 3 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Sahabat entrepreneur, Salam hebat luar biasa, Andada pengusaha pemula di perjuangan ini, tidak masalah.. Selamat mencoba, bagi Anda pengusaha pemula, tetapi seringkali para pengusaha pemula memiliki beberapa kesalahan fatal. Pada edisi kali ini saya akan membahas 3 kesalahan fatal pengusaha pemula pada ketika membangun perjuangan mereka.

Ok, pada dasarnya lebih baik anda melaksanakan kesalahan tetapi anda perbaiki, daripada Anda hari ini tidak mencoba sama sekali. Kaprikornus kalau anda mengalami kesalahan 'its oke' ya tetapi ada tiga kesalahan fatal ini sesungguhnya sanggup dihindari, ya semoga ini sanggup menyadarkan Anda supaya kedepannya perjuangan Anda sanggup berjalan dengan baik.

Kesalahan fatal yang pertama yakni melaksanakan semuanya sendiri. Kaprikornus semuanya Anda kerjakan sendiri, dari kirim sendiri, packing sendiri, melayani konsumen sendiri, kemudian buka toko sendiri, tutup toko sendiri, nyapu sendiri. Memang mempekerjakan karyawan itu memang butuh biaya, saya tahu.

 tetapi seringkali para pengusaha pemula memiliki beberapa kesalahan fatal √ 3 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Tetapi sekali lagi Anda nggak sanggup melakukannya semuanya sendiri, makanya abreviasi CEO itu yakni Chief Executive Officer, bukan Chief Everything Officer. Kaprikornus Anda harus tahu itu. CEO itu bukan Chief Overything Officer, jangan pernah melakukannya sendiri, Anda harus butuh tim, jadi minimal ada orang yang bantu ngurus sosmednya Anda, ada orang yang sanggup bantu untuk mengurus pelayanan, ada orang yang bantu customer service.

Baca juga: Jenis Aset Yang Membuat Kaya Raya

Intinya apapun itu, level pengusaha Anda mau level 1 level 2 level 3 Bagaimana Anda mau lulus ke level berikutnya bila Anda melaksanakan semuanya sendiri. Memang saya tahu sebagai seorang direktur, sebagai seorang pemimpin di perjuangan Anda, Anda memang harus sanggup mengerjakan semuanya.

Seorang koki contohnya, buka restoran memang kalau anda nggak bisa, tergantung karyawan anda untuk memasak, tetapi anda harus sanggup memasak meskipun koki anda tidak masuk. Kaprikornus Anda buka salon contohnya, kalau karyawan anda tidak masuk, Anda harus sanggup memotong sendiri.

Memang betul ya kan, Kalau Anda hari ini punya bengkel contohnya, Anda nggak sanggup mengandalkan montir anda untuk menuntaskan dilema itu, Anda sendiri harus bisa. Tetapi sekali lagi Anda harus berguru keras, berguru percaya dengan orang lain, berguru mendelegasikan sesuatu yang sanggup dikerjakan orang lain.

Karena banyak orang terlalu Mandiri semuanya dikerjakan sendiri, nggak bisa. Itu kesalahan fatal bagi para pemula, terperinci ya, dan Anda juga jangan terlalu praktis percaya sama orang, sehingga terlalu praktis nya hasilnya Anda semuanya ya sebab kedoktrin pemiliknya bisnisnya jalan, pemiliknya jalan-jalan, "saya kan pengen menyerupai itu pak."

Baca juga: Penghambat Terbesar Pintu Rezeki

Hei saya beritahu Anda, kalau Anda belum menemukan tim yang tepat, orang yang tepat, jangan Saatnya anda sanggup ditinggal, belum. Saya nggak akan bahas disini, tapi yang saya bahas ini kesalahan fatalnya. Kaprikornus pada dasarnya kesalahan fatal yang saya jelaskan disini yakni bukan meninggalkan perjuangan anda, tetapi berguru percaya kepada orang yang akan anda serahi delegasi dari Tugas anda.

Nah kesalahan fatal yang kedua yakni melihat semua peluang itu lumbung emas. Ini yang fatal, jadi hari ini gres jual HP contohnya, besok Minggu depan ada peluang jual casingnya hp, terus jual lagi perjuangan kayu, terus berusaha batubara, terus jual beli mobil, hasilnya jualan es kepal Milo. Nah ini kayanya semua peluang itu lumbung emas.

Ya tampaknya kayaknya semua peluang itu bagus, saya beritahu satu hal, itu kesalahan fatal, belajarlah untuk fokus, sekali lagi belajarnya untuk fokus. Jangan melihat semua peluang itu sebagai lumbung emas, nggak ada. Saya mengerjakan dalam 6 perusahaan, Saya fokus sama perusahaan saya yang pertama itu aja 19-20 tahun.

Terus yang kedua, ketiga, dan seterusnya, itu pun sudah ada tim yang sempurna untuk mengurus perjuangan saya, tetapi saya fokus di satu perjuangan lebih dari 20 tahun, gres saya sanggup dilegasikan, dan saya masih melaksanakan usahanya hingga ketika ini.

Berapa banyak orang di tahun pertamanya lihat ini peluang, lihat ini peluang, belum berjalan semuanya peluang, ikut-ikutan. Anda pikir membangun 6 perusahaan itu gampang, enggak gampang. Kaprikornus artinya semua itu perlu fokus, itu poin yang kedua. Kemudian poin yang ketiga yakni rasa takut berlebihan sehingga tidak berani action.

Para pemula ini takut untuk melangkah, saya kalau invest barang berlebih nanti kalau nggak laris gimana, saya nanti kalau jualan kalau nanti orderannya di cancel gimana, kalau misalkan berani ngambil hutang sama bank tapi kalau nggak sanggup bayar bunga gimana.

Nah ketakutan itu terus mencekam diri Anda dan hasilnya Anda nggak berani melangkah, saya beritahu satu hal bahwa tidak ada orang besar yang sukses di dunia perjuangan yang tidak melakukan, mereka semua berani ambil resiko, mereka semua berani melakukan.

Kalau anda tidak mencoba, anda tidak pernah akan tahu, bila Anda belum mencoba jeruk contoh, Anda belum tahu rasanya jeruk ini kecut atau tidak Anda tidak pernah akan tahu, dengan Anda cuman melihatnya, dengan Anda cuman memegang, gak bisa. Anda harus merasakannya, memotongnya, mencobanya sendiri.

Baru Anda sanggup merasakannya, jeruk ini ternyata asam, jeruk ini ternyata manisi. Ya menyerupai itu, perjuangan juga menyerupai itu, meskipun Anda jatuh 'its ok', meskipun anda gagal 'its ok', yang penting anda mengalaminya dan alamilah sebanyak mungkin, dan Anda akan berguru banyak Ketika anda sudah mengalami.

Anda harus berguru mengalami, mendengar sama mengalami itu beda. Saya mendengar jeruk itu enak, sama saya mengalami jeruk itu enak, itu berbeda, gres anda tahu 'Oh iya apa yang disampaikan ini memang benar' ya Kaprikornus kalau anda mau lebih arif dan pintar, selamat mengalami.

Mentoring oleh Bapak Candra Putra Negara

Itu dulu artikel kali ini, silahkan bagikan artikel ini bila Anda merasa artikel ini bermanfaat. Dan silahkan bookmark biar suatu ketika Anda sanggup membukanya kembali dengan mudah. Mungkin itu dulu, bila ada salah kata mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "√ 3 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel