√ Mari Menganalisa Kerusakan Pada Speaker Ponsel Oppo Mirror 5 A51w

Di kesempatan kali ini, kita akan membagi ihwal bagaimana cara untuk menganalisa kerusakan speaker atau buzzer di ponsel Oppo Mirror 5 A51W, namun sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu istilah speaker, buzzer, earphone dan mic. Berikut Penjelasannya ; Speaker merupakan output bunyi di nada dering, media musik dan bunyi yang ada pada percakapan telepon pada ketika diaktifkan loud speakernya. Sedangkan Ear Piece merupakan output bunyi yang diterima pada ketika sedang melaksanakan panggilan telepon atau percakapan. Saat ini kita sedang ada garapan servis ponsel Oppo Mirror 5 A15W dengan kasus bunyi pada speaker/buzzer tidak keluar, sementara itu bunyi pada ear piece, mic ketika memakai headset normal. Untuk analisa awal coba di cek komponen speaker atau buzzer dengan memakai multitester. Setting multitester pada skala X1 kemudian hubungkan probe multitester yang (-) ke satu pad speaker dan yang (+) ke pada speaker satunya lagi.

Baca Juga


Jika speaker/buzzer mengeluarkan bunyi kresek-kresek hal tsb berarti masih dalam kondisi baik, namun jikalau tidak mengeluarkan bunyi berarti sudah sanggup dipastikan speaker/buzzer sedang mengalami kerusakan. Di dalam kasus ini, speaker/buzzer masih dalam kondisi baik. Dikarenakan speaker dipastikan masih baik, maka analisa berikutnya dengan mengukur jalur speakernya, pad interface di jalur speaker terletak di belahan flexyble belahan bawah, sehabis diukur ternyata jalurnya juga manis dan tidak ada yang putus. Di dalam skematik yang terlihat bahwa pada ponsel ini terdapat audio codecnya yang sanggup diatur secara pribadi oleh IC Power PM8916 Kode Komponen U2101 di dalam skematik.



Namun di dalam speker, selain diatur oleh IC power, ia pun melewati komponen IC PA Speaker untuk memboosting IC YDA 145 dengan isyarat komponen U3202 dalam skematik, dikarenakan pada pengecekan dan analisa sebelumnya sanggup dipastikan bunyi lain selain speaker baik, kemudian jalur dan speakernya juga harus dalam kondisi manis maka analisa akan lebih mengerucut pada IC YDA145, dikarenakan Codec nya bermasalah biasanya yang kena imbas rusak bukan hanya pada speakernya saja, namun sanggup jadi mic, ear piece dan bahkan bunyi yang ada di dalam headset juga bermasalah. Dan ternyata benar, pada ketika IC YDA145 dilihat secara fisik ternyata nampak terjadi keretakan pada pin jalur enablenya maka IC YDA145 tidak sanggup berfungsi kembali. Kebetulan saja sehabis dilakukan pengecekan stok sparepart, IC nya tidak ada sebab stoknya habis. Kebetulan juga ada mesin R813k sedang rusak, dan sanggup dilihat dalam sketsa ponsel itu pun memakai komponen YDA145 juga, Akhirnya IC nya memakai mesin R813k, sehabis terpasang dan ditest untuk memainkan musik, pengaturan volume, nada dering, system, dan media lainnya telah kembali normal. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa untuk menganalisa secara mendalam dalam hal penanganan sebuah kasus, dikarenakan tanda-tanda kerusakan yang sama mungkin saja penanganannya akan berbeda. Demikianlah analisa singkat ini, agar sanggup bermanfaat dan sanggup menyebarkan skill dan pengalaman servis ponsel anda.

0 Response to "√ Mari Menganalisa Kerusakan Pada Speaker Ponsel Oppo Mirror 5 A51w"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel