√ Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan

 kali ini Rafsablog akan membahasa ihwal  √ Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan
- Hai sob, kali ini Rafsablog akan membahasa ihwal Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan. Kalian pernah dengar frasa "berputar searah jarum jam" ?
Yapp yang di maksud berputar searah jarum jam yaitu berputar kenan.
Kalian pernah berpikir kenapa jarum jam berputar ke kanan?
Ayo kita cari tau :)
Mari simak berikut ini..

Bagaimana jarum jam berputar ke kanan? Asal rotasi ini tidak terlepas dari faktor geografis peradaban besar kuno-Mesir, Romawi, Yunani, Babilonia, atau Cina; yang di belahan bumi utara.

Menurut sumber dari wikipedia, "Satu jam yaitu satuan waktu. Panjang satu jam yaitu 1/24 (satu per doa puluh empat) hari."

Tapi disini bukan membahas soal penemu jam, melainkan mengapa jarum jam berputar ke kanan?
Seperti yang sudah Rafsablog katakan di atas tadi, sebelumnya peradaban besar kuno-Mesir, Romawi, Yunani, Babilonia, atau Cina sudah memgenal penunjuk waktu atau yang kita kenal kini yaitu jam. Penunjuk waktu jaman dulu bukan menyerupai jam mekanik layaknya jaman sekarang, tapi memakai jam matahari atau sundial.

 kali ini Rafsablog akan membahasa ihwal  √ Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan
Di Mesir matahari pada awalnya terdiri dari dua bagian, yaitu papan berbentuk bulat persegi bertuliskan nomor serta tiang segitiga (gnomon) ditempatkan bangun tegak lurus ke papan. Ketika matahari bersinar, bayangan gnomon akan menimpa papan dan mengatakan waktu ketika ini.

Karena peradaban kuno yang terletak di belahan bumi utara dan matahari di belahan bumi selatan, bayangan timer akan bergerak ke kanan.

Tapi ketika jam tersebut di belahan bumi selatan maka jarum bergerak ke kiri, Sementara itu, bila jam tersebut sempurna di garis khatulistiwa, dari bayangan akan bergerak lurus dari barat ke selatan.

Dan pada kesudahannya jam mekanik di temukan dari bangsa barat, namun kebiasaan jarum jam yang memutar ke kanan hingga ketika ini tidak berubah atau sama tidak ada perubahan.
Jam mekanik nampaknya mengakibatkan jam jaman dulu lebih efisien, alasannya yaitu jikalau di tempatkan di mana saja tetap berputar ke kanan dan lebih simpel.

Mungkin itu saja sob, itulah Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan.
Semoga artikel ini menambah wawasan teman :)

0 Response to "√ Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel