√ Tahun Baru! Cara Gres Daftar Str Perawat, Bidan, Dan Ners 2019

Kali ini Rafsablog ingin sedikit membahas ihwal bagaimana cara atau alur pendaftaran STR bagi tenaga kesehatan. Bagi petugas kesehatan STR yaitu sebuah nyawa. STR sendiri yaitu kepenjangan dari Surat Tanda Registrasi.

Jika petugas kesehatan tidak mempunyai atau masa berlaku STR ini sudah tidak berlaku maka akan sangat membingungkan ketika akan melamar pekerjaan. Selain itu, legalitas perawat itu pun akan dipertanyakan.

Lulusan tahun 2012 keatas menjadi tonggak awal dimulainya Uji Kompetensi (UKOM) bagi tenaga medis. Setelah mengikuti UKOM, tenaga kesehatan yang lulus akan mendapat Sertifikat Kompetensi (SERKOM).

SERKOM ini yang dipakai untuk mendapat STR. Padahal persyaratan untuk sanggup bekerja dengan legalitas harus mempunyai STR ini dikala melamar pekerjaan. Itulah nilai penting dari STR bagi tenaga kesehatan.

Baca juga artikel terkait lainnya
Honorer Gaji PNS! Daftar PPPK (P3K) Tahun 2019
Jadwal Uji Kompetensi (UKOM) Perawat dan Bidan 2019 Periode 1
Cara Buat NIRA (Surat Keterangan Patuh Etika Profesi) Daftar STR Perawat 2019
Surat Pernyataan Etika Profesi Bagi Perawat Syarat Daftar STR 2019
BPJS Hentikan Kerjasama dengan Rumah Sakit 2019!
Cara Baru Daftar STR Perawat, Bidan, dan Ners 2019

MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia) yaitu yang mengeluarkan STR. MTKI menunjukkan pengumuman diakhir tahun yang berisi:
  1. MTKI menutup sementara permohonan STR, baik secara online melalui Aplikasi STR Online (tenaga kesehatan > DIII) maupun offline (tenaga kesehatan < DIII) mulai tanggal 28 Desember 2018.
  2. Rekening PNBP di Bank BRI No. BPn.182 0193.01001868.30.7 an. Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan untuk pembayaran penerbitan STR akan ditutup secara permanen mulai tanggal 21 Desember 2018. 
  3. Permohonan STR akan dibuka kembali oleh MTKI pada tanggal 2 Januari 2019 dengan mekanisme baru :
    A. Seluruh permohonan STR, baik untuk tenaga kesehatan > DIII maupun < DIII akan dilakukan melalui Aplikasi STR Online versi 2.0 dengan alamat ktki.kemkes.go.id
    B. Seluruh berkas persyaratan permohonan STR diunggah/upload melalui Aplikasi STR Online versi 2.0.
    C. Pembayaran untuk permohonan STR dilakukan sehabis mendapat isyarat billing SIMPONI di Aplikasi STR Online versi 2.0.
    D. STR akan dikirimkan kepada pemohon melalui Kantor Pos Kecamatan yang telah dipilih oleh pengusul pada aplikasi STR Online versi 2.0.
    E. Pemohon sanggup mengambil STR di Kantor Pos Kecamatan terpilih dengan membawa bukti Kartu Identitas Pribadi berupa KTP/SIM. Jika pemohon berhalangan maka sanggup menunjukkan kuasa kepada orang lain dengan membawa surat kuasa yang ditandatangani oleh pemohon di atas materai 6.000 rupiah dan fotokopi KTP/SIM pemohon.

Kaprikornus langkah awal yang dilakukan yaitu harus daftar online. Klik link pada poin 3 bab A kemudian akan terbuka web menyerupai ini:
Pilihlah tab STR Online Ver. 2.0 kemudian pilihlah pendaftaran atau kalau ingin mengecek masa berlaku STR yang telah diterbitkan pilihlah Cek Status. Jika ingin menciptakan STR gres maka selanjutnya akan tampil halaman menyerupai ini:



Hati-hati kalau memasukkan email dan NIK kalau terjadi kesalahan. Pastikan email dan NIK sudah benar. Email sangat penting, alasannya warta apapun akan masuk ke email anda.
Akan menyulitkan kalau hingga ke alamat email orang lain yang tidak dikenal. Pastikan data yang dimasukkan sesuai. Setelah log in kalian akan upload berkas dan isi data sesuai data pribadi. Pastikan semua yang tercantum sudah benar.



Akan ada 3 step pertanyaan, isi dengan data yang benar. Jika sudah benar jangan lupa dicek kembali. Cek dari berkas yang sudah terupload hingga ke pengisian nomer pada SERKOM.



Ada 6 langkah yang harus diikuti, hingga dikala ini masih menunggu dari OP MTKI sehingga sanggup lanjut ke langkah selanjutnya. Jika dilihat dari langkah selanjutnya maka sehabis data divalidasi gres diminta membayar ke nomer rekenening yang telah ditentukan.

Berikut video yang mungkin sanggup membantu


Semoga sanggup membantu!
Semoga bermanfaat, kalau ada pertanyaan sanggup ditanyakan di kolom komentar.

Masih sistem gres sehingga banyak pembiasaan yang harus dilakukan.
Happy Nice Day!!

0 Response to "√ Tahun Baru! Cara Gres Daftar Str Perawat, Bidan, Dan Ners 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel