√ 6 Tips Cegah Sakit Kepala Tanggapan Menahan Kantuk Ketika Puasa

Puasa merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh umat islam di bulan ramadhan. Saat menjalankan puasa tidak jarang kita mencicipi ngantuk yang amat sangat khususnya di siang hari, penyabanya yaitu lantaran jam biologis kita yang berubah ketika bulan ramadhan.

Penelitian yang pernah dilakukan di Saudi Arabia menyampaikan bahwa jam biologis atau ritem sirkadian yang mengatur siklus dari jam tidur seseorang. Kalenjar hipotalamus inilah yang mengatur ritme sirkadian pada otak setiap manusia.

Organ pada badan akan mengalami beberapa perubahan ketika ritme ini berubah, menyerupai ketika dimana seharusnya waktu untuk beristirahat dan ketika harus berdiri atau ketika mengerjakan aktivitas, organ badan mengalami perubahan menyerupai rasa kantuk atau lelah.

Puasa merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh umat islam di bulan ramadhan √ 6 Tips Cegah Sakit kepala Akibat Menahan Kantuk ketika Puasa

Namun terkadang badan sanggup menahan rasa kantuk yang datang, lantaran beberapa alasan menyerupai bekerja ataupun melaksanakan kegiatan lainnya. Sayangnya, menahan rasa kantuk menyerupai ini terkadang malah menciptakan kepala terasa sakit atau pusing.

Rasa mengantuk yang berlebihan juga sanggup menyeybabkan daya tahan badan menurun atau meningkatnya tekanan darah. Saat badan kekurangan cairan selama berpuasa biasanya juga mengalami penurunan cairan, hal ini sanggup memicu rasa kantuk pada seseorang.

Selain beberapa alasannya di atas, istirahat yang kurang selama puasa juga menjadikan rasa sakit kepala yang tiba-tiba muncul begitu saja. Itulah tadi alasan mengapa ketika menahan kantuk menciptakan kepala menjadi sakit ketika puasa.

Jangan khawatir bagi Anda yang sering mengalami pusing atau sakit kepala ketika puasa, Journal of Sleep Research memperlihatkan tips biar sanggup mengurangi rasa sakit kepala akhir menahan kantuk ketika puasa, yaitu:

  1. Usahakan sempurna waktu ketika tidur di malam hari (usai sholat tarawih).
  2. Kurangi asupan kuliner atau minuman yang mengandung kafein, lantaran sanggup menciptakan badan terjaga dan tulis tidur.
  3. Sempatkan untuk tidur siang selama kurang lebih 15-30 menit yang berfungsi untuk mengistirahatkan badan selama beraktivitas ketika puasa.
  4. Meskipun puasa namun, tetap usahakan badan terkena sinar matahari, lantaran sinar matahari sanggup menciptakan badan menjadi sehat dan bugar.
  5. Sempatkan untuk melaksanakan olahraga ringan, puasa bukan menjadi alasan untuk malas.
  6. Mengatur asupan nutrisi untuk badan ketika sahur dan buka puasa dengan hidangan makan yang sehat. Tidak dianjurkan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, lantaran kelebihan karbohidrat sanggup menjadikan rasa kantuk yang berat. Rekomendasi makanan sehat yang baik dikonsumsi ketika bulan puasa.

Lakukan tips di atas biar terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan ketika puasa yang sanggup menjadikan sakit kepala atau pusing. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jikalau Anda memiliki saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "√ 6 Tips Cegah Sakit Kepala Tanggapan Menahan Kantuk Ketika Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel